Review Galaxy A8 Plus: Smartphone Samsung dengan Fitur Premium

Review Galaxy A8 Plus: Smartphone Samsung dengan Fitur Premium

Setelah sekian lama bertahan dengan satu kamera depan, Samsung akhirnya merilis smartphone pertama yang dibekali kamera ganda di depan, Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus.

Galaxy A sebelumnya dikenal sebagai lini smartphone Samsung untuk kelas menengah, namun kehadiran Galaxy A8 Plus membuat kelas A naik tingkat jadi premium mid-end.



Bagaimana tidak, smartphone ini hadir dengan spesifikasi dan desain yang ditawarkan Samsung pada flagship smartphone-nya.

Desain yang dimaksud adalah layar penuh alias Infinity Display, seperti pada Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8.

Sementara, sejumlah fitur premium antara lain Bixby Vision, pemindai wajah, hingga kamera ganda. Soal harga, smartphone ini dibanderol Rp 6,499 juta untuk Galaxy A8 dan Rp 8,099 juta untuk Galaxy A8 Plus.

Lantas, seperti apa pengalaman saat menggunakan Galaxy A8 Plus yang memiliki fitur-fitur premium dan kamera ganda di bagian depan?

Desain dan Layar

Bicara desain, Galaxy A8 Plus mengusung desain revolusioner dibandingkan seri Galaxy A terdahulu. Perusahaan Korea Selatan ini menghadirkan desain Infinity Display pada Galaxy A8 Plus sehingga membuatnya tampil lebih premium.

Dengan desain bezeless alias Infinity Display ini, tak ada lagi tombol Home dan tombol kapasitif Recent Apps dan Back seperti Galaxy A sebelumnya.

Kendati begitu, ada yang berbeda dibanding Infinity Display milik Galaxy S8, yakni Samsung tak menghadirkan layar edge alias lengkung di sisi kanan kiri Galaxy A8 Plus.

Bicara bodi, Galaxy A8 Plus hadir dengan bodi kaca dan bezel dari bahan metal. Meski terbuat dari kaca, Galaxy A8 Plus tidak licin saat digenggam sekaligus agak berat.

Pada bagian depan, Galaxy A8 Plus dibekali layar seluas 6 inci lengkap dengan earpiece di bagian tengah atas layar, dua kamera ganda, dan proximity sensor.

Karena tak memiliki tombol Home, fingerprint scanner ditempatkan di bodi belakang, tepatnya di bawah kamera. Dengan demikian, pengguna lebih mudah untuk menjangkau fingerprint scanner. Sementara, di sebelah kanan kamera utama, terdapat LED Flash.



Selanjutnya, di sisi kanan terdapat speaker suara dan tombol Power.


Pada sisi kiri diletakkan tombol volume up dan down dan slot SIM card yang dapat dibuka menggunakan SIM card ejector.


Salah satu hal menyenangkan pada Galaxy A8 Plus adalah terdapat dua slot SIM card, di sisi kiri dan pada sisi atas. Khusus untuk slot di sisi atas bisa digunakan untuk menyematkan SIM card kedua dan micro SD hingga 400GB.


Terakhir pada sisi bawah, Samsung tetap mempertahankan audio jack 3,5 mm. Untuk keperluan mengisi baterai serta transfer data terdapat port USB tipe C.


Beralih ke layar 6 incinya, Galaxy A8 Plus menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan resolusi 1.080x2.220 piksel (FHD+).

Dengan layar Super AMOLED ini, warna yang tampil pada layar Galaxy A8 Plus tampil lebih ngejreng dan hidup. Dengan layar yang menampilkan warna lebih cerah, konten yang ditayangkan pun lebih menarik.

Samsung juga menghadirkan fitur Always On Display yang bisa menampilkan ikon notifikasi aplikasi, waktu, hingga musik yang sedang dimainkan oleh smartphone.

Tak lupa, layar Galaxy A8 Plus yang luas ini memiliki aspek rasio 18:9, sehingga pengalaman entertainment yang dihasilkannya pun lebih maksimal.


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top